Minggu, 08 Agustus 2010

Java, CGI dan ASP

Apakah Java, CGI dan ASP Itu ?
Kendala terbesar bagi suatu jaringan komputer besar multiplatform seperti Internet adalah diperlukannya suatu standar yang memungkinkan seluruh sistem tersebut bekerja sama. Berbagai protokol komunikasi telah diluncurkan untuk menjembatani perbedaan ini namun bagaimana dengan bahasa pemrograman untuk membangun software2 di dalam sistem yang satu sama lain berbeda tersebut ?
Java
Di Internet terutama WEB kisah sukses HTML telah banyak memberikan jawaban terhadap masalah ini. Namun HTML bukanlah bahasa yang kompleks dan mampu menangani masalah2 besar seperti data base. Pada masa awal Internet bahasa C menjadi andalan banyak orang dengan asumsi bahwa Internet terutama dibangun berdasarkan infrastruktur UNIX sedang C adalah bahasa ibu bagi UNIX. Namun Internet berkembang lebih jauh dan cepat dan bahasa C menjadi bermasalah karena terlalu kompleks dan terlalu banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk menerapkan C ke dalam aplikasi Internet.

Awal 1995 SUN Microsystems memperkenalkan sebuah modifikasi dan penyederhanaan atas bahasa C standar yang disebut Java. Bahasa Java ini dengan cepat menjadi sangat populer karena berhasil diimplementasikan secara praktis sebagai suatu script ke dalam HTML. Dewasa ini Java telah diakui sebagai bahasa pemrograman standar di Internet dan terus dikembangkan oleh berbagai konsorsium (selain oleh SUN sendiri) guna memperbaiki kompatibilitas, fleksibelitas dan kecepatannya. Belakangan Java juga dikembangkan untuk aplikasi umum yang kompleks sebagaimana bahasa pemrograman lainnya dan bukan hanya untuk Internet.
Java berbentuk script di dalam HTML dan dikenal dengan istilah Client Side Processing dimana proses eksekusi program dilakukan di komputer pengguna. Karena model tersebut maka Java Script memiliki kelemahan dalam hal kecepatan proses. Namun sebaliknya Java Script memiliki kelebihan tidak tergantung kepada fasilitas yang disediakan server.
CGI
Pemrograman lainnya di dalam aplikasi Internet menggunakan Common Gateway Interface (CGI) script. Banyak bahasa pemrograman komputer populer yang mendukung CGI diantara lain C, Perl, Visual Basic dst. Sebagian memang dikhususkan untuk aplikasi CGI pada mesin, server, dan software tertentu misalnya Cold Fusion, PolyForm, ASP, PHP maupun FrontPage Extension. CGI memakai model Server Side Processing dimana proses eksekusi program dilaksanakan dengan fasilitas server, pengguna tinggal menerima hasilnya. CGI mampu menghasilkan aplikasi yang sangat kompleks sehingga bisa menggantikan program2 LAN konvensional apabila diaplikasikan dalam Intranet. CGI juga sangat mudah diintegrasikan ke dalam model dan struktur aplikasi database, security, enkripsi dan otentikasi sehingga dengan cepat menjadi standar utama teknologi WEB / HTML khususnya di bidang ecommerce.

Dynamic HTML
Kemampuan terbaru dari HTML adalah gabungan beberapa script dalam HTML yang menjadikan halaman tampilan bersifat dinamik, cerdas dan mampu berubah otomatis sesuai kehendak pengunjung. Halaman ini bisa pula menampilkan hal2 tertentu atau pop up windows yang terpisah secara otomatis walaupun tanpa diminta setiap kali pengunjung membuka halaman tersebut. Halaman tersebut juga mampu mengerjakan hal2 tertentu yang tersembunyi seperti mengirimkan cookies atau mendeteksi informasi2 dalam komputer pengunjung. Ide dasarnya adalah suatu halaman web yang cerdas namun sederhana dengan memanfaatkan teknologi server dan script sekaligus. Setiap perusahaan memiliki sendiri standar DHTML ini, Microsoft misalnya menerapkan teknologi Active Server Pages (ASP) yang berjalan di platform server Windows NT based dengan menggunakan software Internet Information Server (IIS) serta memakai fasilitas script FrontPage Extension serta Active X.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar