Minggu, 25 Agustus 2019

Review Content Rumah Belajar_2

Judul Buku Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaga Penyedia : Pusat Analisis dan sinkronisasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tebal Buku : 16 Halaman. Indonesia saat ini telah memasuki abad 21 dengan sistem kenegaraan, pemerintahan, kemasyarakatan dan kebudayaan yang baru, serta mengalami keterbukaan dan interaksi global yang semakin intensif dan massif. Sehubungan dengan itu, sendi-sendi pendidikan nasional perlu ditransformasikan dan kemajuan Indonesia saat ini dan di masa depan. Transformasi pendidikan nasional tersebut dimulai dengan menempatkan kembali karakter sebagai ruh atau dimensi terdalam pendidikan nasional berdampingan dengan intelektualitas yang tercermin dalam kompetensi. Dengan karakter yang kuat dan tangguh disertai kompetensi yang tinggi, diharapkan akan menghasilkan pendidikan yang baik, berbagai kebutuhan, tantangan, dan tuntutan baru dapat dipenuhi atau diatasi. Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dirasakan sangat tepat sebagai upaya strategis dan monumental menghadapi perspektif masa depan dan masih adanya problematika Pendidikan di masa kini. PPK merupakan suatu gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan dari 5 nilai utamanya serta pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Kelima nilai utama karakter dimaksud bukanlah nilai yang terpisah dan berkembang masing-masing, melainkan nilai yang saling berinteraksi satu sama lain, yang berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan sebuah kepribadian. Keunggulan Buku Penguatan Pendidikan Karakter Adalah : Menjelaskan dan mengungkapkan Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa , dengan kompetensi abad 21, yaitu : berpikir kritis , kreativitas , komunikasi, dan kolaborasi, Pembelajaran di dalam buku ini , dilakukan terintegrasi di sekolah , dan di luar sekolah , dengan pengawasan guru, Revitalisasi peran Kepala Sekolah , sebagai manager , dan kewajiban jam mengajar Guru sebagai inspirator PPK, dan Revitalisasi Komite Sekolah sebagai badan gotong royong sekolah dan partisipasi masyarakat Serta Penguatan peran keluarga sebagai pendidik pertama , dan utama , dalam penumbuhan dan pembiasaan karakter anak. Kekurangan Buku , Penguatan Pendidikan Karakter adalah :Tidak adanya nama penulis buku , dan editor Buku. Saran saya, buku ini mohon untuk bisa dicetak , dan disebarluaskan ke seluruh Pendidik dan peserta didik agar bisa menjadikan buku ini sebagai salah satu acuan untuk penguatan pembiasaan karakter peserta didik. . demikian review content buku yang berjudul Penguatan Pendidikan Karakter . Terima kasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar