Selasa, 24 Agustus 2010

Fasilitas dan Manfaat Intranet

Fasilitas dan Manfaat Intranet Fasilitas intranet adalah jaringan komputer internet local yang berdasarkan pada standar internet dan world wide web (www). Teknologi intranet terbentuk dari internet sehingga kemudahan, rendahnya biaya operasional, fleksibilitas, dan open system technology yang tidak tergantung dari platform menjadikan intranet sebagai salah satu pilihan unggulan. Berikut ini adalah manfaat dan fasilitas intranet:

1. Protokol, protocol-protokol yang berada dalam lingkungan TCP/IP adalah HTTP, FTP, MIME, SMTP, NNTP, dan POP.
2. Intranet, dapat mengakses semua pelayanan internet pada web browser. Misalnya, browser dapat mengirim e-mail dengan menggunakan SMTP (simple mail transfer protocol) untuk standard mail internet.
3. Groupware, lebih bersifat sebagai model server push yang menyajikan kemungkinan kerja sama melalui komunikasi kolaborasi dan koordinasi.
4. Workflow, merupakan kemampuan otomatisasi transfer informasi untuk mendukung aliran kerja system informasi.
5. Tingkat kebutuhan informasi dalam oprganisasi bisnis, yaitu pelayanan informasi, pelayanan interaktif, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan enterprise connectivity.
Syarat Terhubung ke Internet Internet merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi. Oleh karenanya supaya komputer kita bisa terhubung ke dalam internet maka harus dilengkapi persyaratan sebagai berikut:
1. Dukungan hardware
2. Dukungan software
3. Daftar kesalah satu penyedia jasa internet (ISP) Hardware (Perangkat Keras Komputer)
Dukunagn Hardware diantaranya:
• CPU atau disebut juga dengan processor, minimal Pentium I yang mempunyai prekuensi 100 MHz disarankan lebih tinggi lebih baik, dan apa bila lebih rendah maka itu berpengaruh pada proses kerja komputer akan lambat. Penggolongan processor diukur dengan frekuensinya (speed) – Pentium I mulai speed 90 MHz – 233 MHz – Pentium II mulai speed 300 MHz – 400 MHz – Pentium III mulai speed 450 MHz – 900 MHz – Pentium 4 mulai speed 1 GHz – 4.3 GHz bahkan ada yang lebih tinngi lagi.
• RAM (random acces memory) atau disebut juga memori, minimal menggunakan 16 MB (mega byte) tetapi bagus nya lagi 32 MB dan disarankan 64 MB, bila lebih tinggi maka lebih bagus untuk kerjanya komputer akan lebih cepat lagi.
• Hard disk, sebagai tempat menyimpan program-program komputer baik itu program system, aplikasi, browser atau program pendukung dalam internet. Dan harddis juga dapat untuk menyimpan file-file yang diambil (download) dari internet. Hard disk minmal 800 MB lebih tinggi lagi lebih baik, dan bila kita menginginkan penyimpanan data lebih cepat lagi gunakan harddisk SCASI yang rpm nya 7200 yang mempunyai kapasitas 20 GB bahkan sekarang banyak yang lebih besar lagi.
• VGA (Video Grafik Array) yang berfungsi untuk memberikan tampilan ke layar, vga minimal 1 MB tetapi lebih tinggi lebih baik, apa lagi bila ada tampilan yang memerlukan resolusi tinggi misalkan 64 MB atau 128 MB.
• Sound Card, yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara ke dalam speaker, karena bila kita menampilkan mp3 atau film atau tampilan lainnya dalam internet bisa kita langsung didengarkan suaranya.
• Monitor, minimal 14 inci lebih besar lebih bagus akan memberikan keleluasaan kita dalam melakukan editing (penyuntingan).
• Modem (modulasi demodulator), yang berfungsi untuk merubah sinyal digital kesinyal aalog dan sebaliknya intuk merubah dari sinyal analog kesinyal digital. Modem dibagi menjadi dua macam, ada modem Internal adalah modem yang dipasang dalam motherboard dangan cara ditancaokan pada card yang tersedia. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang dipasang diluar CPU dengan menggunakan soket USB atau COM 1. Kecepatan modem minimal yang ada 28.800 bps (bits per second) tetapi kebanyak modem yang dijual dipasaran sekitar 56 kbps.
• Telepon, merupakan jaringan telepon yang sudah terhubung kepusat komunikasi yang sudah bisa digunkan untuk hubungan bertelepon. Karena dengan telepon inilah yang menghubungkan antara semua komputer dalam jaringan global yang disebut dengan internet.
Dukungan Software diantaranya:
• Softwae (Perangkat Lunak Kompter) Perankat lunak merupakan program-program komputer yang dapat mengoprasikan dan memaksimalkan kerjanya komputer. Ada beberapa program yang diperlukan diantaranya:
• Program Sistem, merupakan system operasi dalam komputer yang dapat mengaktifkan dan mendeteksi semua perangkat-perangkat yang terhubung dalam komputer baik hardware maupun software. Sistem operasi yang dapat digunakan untuk internet diantaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows NT, Windows 2003, Windows Xp, Windows Vista, Linux, Unix, Macintos.
• Program Aplikasi, misalnya software grafis contoh Corel Drow, Photo Editor, Adobe Photoshop, dan laianlain. Software Multimedia misalkan animasi, audio, musik, musik dan video. Software pengolah kata dan pengolah angka, software database, dan software penerbit (Desktop Publising).
• Program Browser, program inilah yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan internet dan yang dapat membuka halaman-halaman web dalam internet. Browser disebut juga web browser. Contoh program browser adalah: Internet Explorer, Mozilla, Netscape Navigator, Opera, Linx, Mosaic dan lain-lain.
• Program AntiVirus, ini berfungsi untuk mencegah dan meminimalisir masuknya virus kedalam komputer kita dan sekaligue membersihkan virus dalam komputer kita. Contoh program antivirus antara lain Norton Virus, Kaspersky Antivirus, Panda Antivirus, dll.
• Cute FTP, Go! Zilla, dan WSFtp adalah software khusus untuk mentransfer file.
• Program E-mail, adalah program yang difungsikan untuk menerima dan mengirim e-mail yang ada dalam internet. Diantaranya internet mail, Outlook Express, Netscape Mail. Pine, Eudora, Pegasus, Mutt, dll.
• Program Chatting, adalah program untuk berkomunikasi dalam internet bisa melalui tulisan atau bisa juga dengan suara bahkan bisa langsung kelihatan gambarnya atau avatar kita dalam program tersebut. Contoh program yang banyak digunakan mIRC, Yahoo Messenger, ICQ, AOL, MSN Messenger, NetChat, Jember Messenger, Message Pall, Odigo, EWZY, Wuwu, dll.
• ISP (Internet Service Provider), ISP merupakan perusahaan yang menawarkan menyediakan jasa pelayanan untuk komputer kita bisa dihubungkan dengan internet. ISP mempunyai sambungan langsung dengan backbone dan hubungan dengan ISP yang lainnya yang terhubung dalam jaringan internet. ISP juga yang mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet termasuk biaya koneksi ISP ke backbone. Contoh ISP yang ada di Indoneai: Radnet, PT Telkom, Meganet, PT Pos Indonesia (wasantara), Indosat net, dll.

Manfaat Jaringan Komputer
l Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
l Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
l Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
l Sharing data
Setiap komputer dalam jaringan dapat menggunakan file atau dokumen yang tersimpan di komputer lain, sehingga memudahkan pekerjaan.
l Sharing koneksi internet
Dapat membagi koneksi internet dari 1 komputer ke komputer yang lain di seluruh jaringan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar