Sabtu, 16 April 2011

Istilah-Istilah pada Internet

Agar Anda mudah mengikuti penjelajahan internet, Anda perlu memahami dengan baik istilah-istilah umum. Beberapa istilah internet yang umum digunakan adalah sebagai berikut.
1.4.1 Intranet
Intranet adalah jaringan yang relatif lebih kecil yang biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam organisasi tersebut.

1.4.2 Browser
Seperti dipaparkan di atas, browser atau web browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet, seperti internet explorer dan nascape navigator.

1.4.3 HTML
HTML, kepanjangan dari Hyper Text Mark-up Language yaitu berupa kode-kode atau instruksi yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan demikian, setiap halaman pada website terdiri atas sebuah file HTML (.htm). Untuk menampilkan file HTML Anda membutuhkan sebuah browser .

1.4.4 Server
Komputer server atau sering disebut server adalah komputer induk yang memberi layanan kepada komputer lain yang disebut komputer client. Server berupaya untuk memberi atau memenuhi kebutuhan computer client. Dengan demikian tugas sebuah server tentu sangat banyak sehingga komputer server harus mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibanding komputer client. Bagaimana fungsi server dalam sistem internet? Di internet, komputer server berfungsi sebagai penyedia berbagai dokumen web yang dapat digunakan atau diakses oleh komputer client.
1.4.5 Client
Komputer client atau sering disebut client adalah komputer yang tergabung dalam sistem jaringan yang dapat dilayani oleh server. Komputer client tentu memiliki kemampuan yang lebih rendah dibanding dengan komputer server. Bagaimana komputer yang Anda gunakan untuk mengakses internet apakah server atau client? Pada saat Anda mengakses internet, komputer Anda dapat disebut sebagai komputer client karena komputer Anda menerima layanan dari komputer server milik website yang Anda kunjungi.

1.4.6 Bandwidth
Istilah bandwidth sering Anda dengar dalam dunia gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu. Satuan data dinyatakan dengan byte dan biasanya dengan ukuran kiloByte (KB) atau megabyte (MB). Dengan demikian satuan bandwidth adalah megabyte per second (MBps) atau kilobyte per second (KBps). Contoh, suatu transfer data diketahui 100 KBps artinya kecepatan transfer data sebesar 100 kilobyte setiap detiknya.

1.4.7 Search Engine
Ditinjau dari pengertian setiap kata, search adalah pencarian, dan engine adalah mesin, jadi search engine merupakan mesin pencari. Dalam konteks ini search adalah sebuah program aplikasi di website tertentu yang Anda gunakan untuk mencari imformasi yang ada di internet. Search engine secara lebih lengkap akan dibahas secara khusus pada materi selanjutnya.

1.4.8 URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah lokasi dapat Anda akses apabila Anda mengetahui alamat lokasi tersebut. Demikian halnya apabila Anda ingin memasuki sebuah situs maka Anda harus mengetahui alamat website tersebut. Penentuan suatu alamat tentunya tidak sembarangan namun mengikuti suatu cara tertntu. Bagaimana alamat website ditentukan? Untuk memberi nama alamat website digunakan suatu sistem yang dinamakan URL. Dengan demikian, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

1.4.9 Website
Website merupakan lapisan-lapisan dari halaman web yang saling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal.

1.4.10 Homepage
Homepage adalah halamam web utama (induk) yang terdapat pada sebuah Website . Homepage biasanya berisi keterangan pembuka seperti ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa lirik bagian penting lain dari tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web.

1.4.11 Web Page
Web Page merupakan istilah untuk menyatakan halaman yang dirujuk (diacu) sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm.)

1.4.12 Hypertext link (Hyperlink )
Link merupakan penyambung sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file lain. Link di halaman web mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau Anda lakukan dapat mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, (biasanya berupa simbol telapak tangan) teks tersebut merupakan link

1.4.13 ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika Anda ingin komputer Anda terhubung ke internet, Anda harus menghubungkan komputer Anda ke sebuah ISP.

1.4.14 Program Dial-up
Program dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).

1.4.15 Offline
Offline merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan terputus.

1.4.16 Online
Online merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan tersambung.


1.4.17 Login
Login adalah proses memasuki suatu sistem (aplikasi) seperti e-mail. Login yaitu saat Anda memasukkan user_ id dan password pada saat ingin membuka kotak surat e-mail Anda . Beberapa halaman web di Internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan user_id dan password.

1.4.18 Logout
Logout adalah kebalikan dari login yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas logout dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanya terdapat dihalaman web. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

1.4.19 Protocol
Protocol adalah aturan-aturan yang ada yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protocol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, protocol untuk mengirimkan e-mail dan sebagainya.

1.4.20 HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)
HTTP adalah protocol yang digunakan untuk bertukar informasi di internet komputer Anda dapat menerima file -file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protocol http.

1.4.21 POP (post office protocol)
Pop adalah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang di simpan di server di internet atau sebuah ISP.

1.4.22 Download
Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang Anda gunakan (komputer client) disebut download.

1.4.23 Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer Anda ke sebuah komputer server di internet. Upload merupakan kebalikan dari proses download.




1.4.24 Freeware
Freewatre adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis sehingga setiap orang diperbolehkan men-download program tersebut.

1.4.25 Shareware
Shareware adalah program komputer di internet yang dapat Anda download Anda gunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu jika Anda ingin menggunakannya terus, Anda harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftaran.

1.4.26 GIF (Graphical Interchange Format)
Suatu format file gambar gif mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ditempatkan di internet

1.4.27 JPEG (Joint Photographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di Internet. File JPEG mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak dibanding dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak seperti foto-foto, sedangkan GIF digunakan untuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik dan sebagainya.

1.4.28 SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti e-mail yang tidakpenting, e-mail berantai,iklan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar