Sabtu, 16 April 2011

LAYANAN INFORMASI 1

Pengantar
Era teknologi informasi dan komunikasi menempatkan informasi sebagai sesuatu yang sangat penting sehingga dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang. Terkait dengan informasi, internet dapat dianalogikan sebagai gudang informasi yang sangat besar. Informasi yang disimpan di internet sangat beragam mulai dari informasi yang berhubungan dengan hal sederhana sampai hal yang kompleks. Resep masakan, berita artis, produk baru, berita perang, politik sampai isu-isu global, semua tersedia di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak dapat memenuhi kebutuhan banyak kalangan termasuk Anda para siswa.
Bagaimana mendapatkan informasi yang Anda butuhkan? Untuk mendapatkan informasi dari internet, orang membuat program yang dapat digunakan untuk mencari atau melacak informasi. Program tersebut dikenal dengan nama mesin pencari atau mesin pelacak (search engine). Apa dan bagaimana mesin pencari? Bagaimana cara kerjanya dan cara menggunakannya? Bagaimana mendapatkan informasi dari internet? Silakan Anda pelajari dengan seksama dan akan lebih baik langsung berada di depan komputer.

3.2 Mesin Pelacak Informasi
Mesin pelacak informasi merupakan program aplikasi yang dipergunakan untuk membantu mendapatkan informasi di internet. Mesin pelacak dilengkapi basis data yang dapat memuat semua tema yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi. Karena informasi di basis data sangat besar, memilih dan mencari suatu informasi harus melalui suatu cara atau teknik tertentu. Agar mudah untuk pencariannya, penyimpanan informasi dalam sistem basis data ditata dengan menggunakan cara tertentu seperti dengan menggunakan indeks. Teknik atau cara pencarian informasi menggunakan langkah-langkah yang sistematis atau dikenal dengan algoritma pencarian. Perlu Anda ketahui bahwa secara umum algoritma merupakan langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah. Masalah dalam mesin pencarian ini adalah bagaimana mendapatkan informasi. Algortima pencarian terus dikembangkan oleh para pengembang program agar pencarian dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.
Bagaimana prinsip pencarian itu? Seperti halnya Anda mencari sesuatu yaitu dengan cara membandingkan. Prinsip dasar pencarian adalah membandingkan apa yang dicari dengan sesuatu yang telah Anda tentukan sebelumnya. Misal Anda akan mencari informasi “teknologi”, informasi yang ada di basis data akan dibandingkan dengan kata “teknologi” dan selanjutnya akan didaftar di mana saja kata “teknologi” berada. Hasilnya merupakan daftar tema yang mengandung kata teknologi. Kata “teknologi” sendiri selanjutnya disebut kata kunci.
Skema dasar mesin pencari terdiri atas :
(1) Kotak tema, yaitu kotak yang digunakan sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan digunakan sebagai acuan pencarian.
(2) Tombol eksekusi, yaitu tombol yang digunakan untuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi di internet setiap saat senantiasa berkembang atau bertambah. Oleh karena itu, mesin pencari harus memperbarui basis datanya setiap saat melalui program secara otomatis. Program pembaharu tersebut antara lain spider, bot atau crawler yang setiap selang waktu tertentu menjelajahi internet membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkas, dan menyimpannya di basis data dengan menggunakan sistem pengindeksan.
Ketika Anda mencari informasi di internet, komputer Anda akan mengirimkan kata kunci ke server mesin pencarian. Server akan melakukan pencarian dokumen web di basis data yang dimilikinya kemudian disesuaikan dengan kata kunci. Hasil pencarian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci, kemudian server mengirimkan hasil pencarian ke komputer Anda. Bagaimana ciri-ciri mesin pencari yang handal? Anda dapat mengujinya melalui ciri-ciri di bawah ini.
(1) Cara kerja mesin pencari dengan meng-eksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.
(2) Mempunyai basis data yang besar dan selalu meng-up date nya.
(3) Memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
(4) Mempunyai kecerdasan buatan yang baik sehingga memahami apa yang Anda cari.

Terdapat cukup banyak website yang dilengkapi mesin pencari, bahkan ada yang mengkhususkan diri sebagai website pencarian. Setiap mesin pencari tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing bergantung cara peng-indeksan dan algoritma (langkah-langkah) yang digunakan. Berikut ini akan Anda kenali beberapa mesin pencari yang banyak digunakan.
(1) Google (www.goole.com)
Google dikembangkan tahun 1998 oleh dua sahabat Larry Page dan Sergey Brin dari Stanford University. Google mudah dalam mengoperasikannya, layout nya ringkas, cepat, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang hilang. Google mempunyai basis data yang besar dan dapat membagi basis datanya dengan mesin pencari lain seperti Yahoo. Artinya jika kata yang Anda cari tidak ditemukan di basis data Google, pencarian akan dilakukan pada basis data Yahoo. Google juga menyediakan pencarian dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

(2) Yahoo (www.yahoo.com)
Yahoo merupakan mesin pencari yang menggunakan pengindeksan pada direktori. Yahoo dikembangkan berawal dari koleksi link pribadi Jerry Yang. Yahoo juga mempunyai basis data yang besar dan dapat membagi basis datanya dengan Google. Artinya jika kata yang Anda cari tidak ditemukan di basis data Yahoo, pencarian akan dilakukan di basis data Google. Kelebihan lain yaitu semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeks Yahoo.

(3) Altavista (www.altavista.com)
Altavisa merupakan mesin pencari yang kembangkan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian cangih (advanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR, (), NOT, NEAR, ``, dan *.

(4) Lycos (http://lycos.com/)
Lycos dikembangkan di Carnegie Mellon University pada tahun 1994 dan merupakan mesin pencari yang paling tua. Kelebihan Lycos adalah mudah digunakan dan mudah menemukan website .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar