Rabu, 28 Juli 2010

BUKU HARIAN 2

Kita dapat mengungkapkan peristiwa-peristiwa menarik yang kita alami di dalam buku harian. Melalui buku harian kalian dapat mengungkapkan pengalaman, pikiran, dan perasaan dengan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan kalimat yang efektif.
Penulisan sebuah buku harian biasanya memuat hari dan tanggal, tempat kejadian, dan isi kejadian yang ingin dituliskan. Selain itu, buku harian biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang ekspresif. Bahasa yang ekspresif yaitu bahasa yang mampu "menghidupkan" suasana/isi cerita yang ditulis dalam buku harian itu. Jadi, siapa saja yang membaca buku harian, seola-olah bisa merasakan, melihat, dan mengalami peristiwa yang dituliskan dalam
buku harian tersebut.
Perhatikanlah contoh penulisan buku harian berikut!
Selasa, 21 Oktober 2008

Hari ini aku betul-betul
seperti mendapat durian
runtuh. Waktu berangkat
sekolah, di jalan aku bertemu
dengan Paman Rudi, aku
diberi tambahan uang saku. Di
sekolah ternyata temanku ada
yang merayakan ulang tahun.
Aku dapat makan gratis di kantin.
Pulang sekolah, sampai di
rumah tanteku datang membawa
oleh-oleh kesukaanku roti bakar.
Aku harus bersyukur hari ini, aku
banyak rezeki dan makan enak
terus tanpa keluar uang.
Cut Mutia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar