Aku

Aku
Bidadariku..

Rabu, 28 Juli 2010

MEMBACA KAMUS

Pada waktu membaca suatu artikel atau wacana lainnya, terkadang kalian menemukan kata-kata tertentu yang tidak kalian pahami artinya. Arti kata itu dapat kalian temukan dalam kamus. Untuk membaca kamus, kalian harus menggunakan teknik membaca memindai. Membaca memindai artinya membaca melalui melihat dengan cermat dan lama untuk menemukan hal-hal penting dari kata-kata tertentu secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan.
Bacalah kutipan berita berikut ini!
Perlu ada inovasi untuk mengantisipasi minimnya daya tampung waduk. Bila hanya mengandalkan cara konvensional, banyak sektor yang menggantungkan diri pada air waduk akan dirugikan.
Dari kutipan berita di atas kalian menemukan kata inovasi, waduk, konvensional, sektor, dan lain-lain.
Setelah menemukan kata tersebut, kita mencari maknanya dalam kamus. Untuk mencari makna kata dalam kamus, ada hal yang harus diperhatikan. Agar cepat mendapatkan kata yang kita cari, kita harus berpedoman pada huruf awal setiap kata yang akan kita cari maknanya. Setelah itu kita mencarinya dalam kamus.
Perlu diketahui bahwa kamus terdiri atas bagian-bagian tertentu. Pada bagian sudut atas kamus, terdapat kata yang merupakan awal kata dalam lembar kamus ertsebut. Kemudian di bawahnya biasanya lembaran kamus terdiri atas dua bagian, yaitu kata-lema dan di sebelahnya merupakan arti dari kata atau lema tersebut.
Kata yang dimaksud dalam kamus adalah kata dasar, bukan kata yang berimbuhan. Jadi, apabila kata yang kebetulan kita cari maknaya adalah kata berimbuhan, kita tetap mencari kata dasar dari kata yang berimbuhan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar