Rabu, 28 Juli 2010

MEMBACA DAN MENERUSKAN E-MAIL

Memeriksa Surat Yang Masuk pada E-mail
Kamu dapat mengetahui ada tidaknya surat yang masuk cukup dengan melihat pada tulisan Inbox (…), angka dalam kurung menunjukan banyaknya surat yang masuk. Untuk membuka isi surat Kamu dapat lakukan langkah-langkah berikut:
1. Buka e-mail Kamu
2. Untuk melihat surat yang masuk Kamu dapat lakukan dengan klik tombol Check Mail atau klik tulisan Inbox (3), angka 3 menunjukkan bahwa ada 3 surat masuk yang belum dibaca. Lihat gambar 2.21.
3. Untuk membuka isi surat, klik subject yang tertera, Misalnya klik tulisan undangan, maka akan muncul halaman yang berisi pesan yang dikirim.
Membalas dan Meneruskan Surat Yang Masuk
Setelah Kamu membuka dan membaca isi surat, mungkin terpikir oleh Kamu untuk menindaklanjuti isi surat tersebut. Tindak lanjut yang dapat Kamu lakukan antara lain yaitu membalas surat atau meneruskan surat tersebut kepada teman Kamu yang lain.

• Membalas Surat
Membalas surat sering dikenal dengan istilah Reply.
Pada bagian kanan tombol Reply (diterdapat tKamu panah ke bawah, jika Kamu tekan, akan muncul dua pilihan jenis Reply, yaitu: Reply to sender, yang berarti Kamu hanya membalas surat kepada pengirim, Reply To Everyone berarti Kamu mengirim surat balasan Kamu kepada banyak alamat e-mail. Sebagai contoh, surat balasan ditujukan hanya kepada pengirim berarti cukup klik tombol Reply, atau pada bagian anak panah ke bawah kemudian pilih Reply to Sender. Maka Halaman e-mail akan berubah menjadi halaman compose.
Alamat tujuan dan subject surat secara otomatis sudah terisi, jadi Kamu tidak perlu menuliskan. Tuliskan isi pesan sebagai balasan pada tempat menulis isi surat. Setelah semua selesai, tekan tombol Send. Maka halaman laporan, bahwa surat balasan telah dikirimkan akan ditampilkan
• Meneruskan Surat
Meneruskan surat sering dikenal dengan istilah Forward. Kamu dapat meneruskan surat yang masuk kepada teman atau alamat e-mail lain. Untuk meneruskan surat klik tombol Forward.
Berbeda dengan Reply, Untuk melakukan forward surat Kamu harus menuliskan alamat e-mail yang dituju pada kotak isian To:, hanya subject surat saja yang sudah tertulis. Setelah selesai semua yang Kamu harus isi, tekan tombol Send untuk meneruskan surat.
A. Menyimpan File Lampiran Dari E-mail
Suatu ketika Kamu mungkin menerima e-mail dengan disertai file lampiran penting. Kamu dapat memindahkan file lampiran tersebut ke dalam hardisk komputer atau media lain.
1. Buka halaman Inbox Kamu. Sebagai contoh, lihatlah gambar 2.22.
2. Buka surat yang disertai dengan lampiran. Hal ini ditKamui dengan gambar penjepit ketas (klip). Pada contoh gambar dipilih surat dengan subject istilah komunikasi.

3. Halaman isi surat dan file lampiran, akan ditampilkan.

4. Untuk men-download file attachment, klik file attachment istilah_telekomunikasi atau klik tulisan Save to Computer di area file lampiran. Tampilan halaman e-mail akan berubah seperti contoh berikut.

5. Klik tombol Download Attachment, akan ditampilkan kotak dialog File Download.

6. Klik tombol Save pada kotak dialog File Download, untuk menyimpan file attachment. Akan ditampilkan kotak dialog Save As, untuk menentukan lokasi penyimpanan.

7. Setelah Kamu tentukan lokasinya, klik Save, maka proses download akan dijalankan. Setelah proses download selesai akan ditampilkan kotak dialog Download Complete.

8. Klik tombol Close untuk menutup kotak dialog Download Complete, atau klik tombol Open untuk membuka file lampiran.
9.
B. Menghapus Surat Pada E-mail
E-mail gratis yang Kamu peroleh dari penyedia layanan e-mail, mempunyai kapasitas yang terbatas. Untuk itu, Kamu dapat menghapus surat yang masuk yang sudah tidak Kamu perlukan lagi, dengan cara sebagai berikut:
1. Buka Inbox E-mail Kamu.
2. Pilih surat yang akan dihapus, dengan klik cek bok,

3. Tekan tombol Delete untuk menghapus surat, yang telah dipilih.

Untuk pengelolaan e-mail selain berbasis web dapat juga menggunakan soft ware aplikasi misalnya , MS-OutLook.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar