Rabu, 28 Juli 2010

SEJARAH INTERNET

• Pengertian Internet/intranet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menhubungkan pemakai komputer daaari satu Negara ke Negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi daaaaaari mulai ang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
• Sejarah perkembangan internet
Pada tahun 1960 an Departemen Pertahanan Amerika Serikat kawatir akan terjadinya perang dunia nuklir, hal ini membuat dimulainya penelitian unutk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahan dalam satu instalasi. Pada Bulan Oktober 1962 dimulailah prpgram riset komputer di ARPA ( Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program.
Pada tahun 1965 dengan bnatuan ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi WAN (Wide Area Network) yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX – 2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monika melalui jaringan telepon. Daari pecobaan tersebut dsimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data, namun tidak efesien karena menghabiskan Bandwidthdan mahal. Klienrock mempredisikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antara dua komputer yang paling memungkinkan.
Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana daaaari beberapa Universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer daari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat degan di sebuat ARPANET. Jaringan itu yang kemudian cial bakal lahirnya Internet.
Internet yang pada saat itu disebut dengan ARPANET, pertama kali online pada tahun 1969. pada awalnya internet hanya menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di barat daya Amerika Serikat, antara lain:
1. University Of California Los Angeles ( UCLA )
2. Stanfort Research Institute
3. University of California Santa Barbara
4. Universty of Utah
 Beberapa aplikasi Internet
1. WWW ( World Wide Web )
2. E-Mail ( Electronic Mail )
3. Mailing List
4. Newsgroup
5. Internet Relay Chat
6. File Tranfer Protokol
7. Telnet
8. Ping
Manfaat dengan adanya aplikasi internet:
a. sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasidengan cepat dan murah
b. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
c. Sebagai media promosi
d. Sarana Komunikasi Interraktif
e. Sarana penelitian dan pengembangan
f. Sarana untuk pertukaran data
 Pemanfaatan Internet
a. E-Comerce
b. Internet Banking
c. Belajar Jarak Jauh
d. Keamanan Data DAlam Transaksi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar