Rabu, 28 Juli 2010

KALIMAT LANGSUNG DAN KALIMAT TAK LANGSUNG

Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang isinya menirukan ucapan seseorang.
Ada tiga bentuk urutan dalam kalimat langsung.
Pengantar – Kutipan
Contoh:
(1) Ibu bertanya kepadaku, “Mengapa kamu tidak belajar malam ini?”
(2) Ayah berkata kepada orang itu,” Sebaiknya kamu segera pergi dari sini.”
Kutipan – Pengantar
Contoh:
(1) “Siapa namamu?” Tanya ayah kepada temanku.
(2) “Sebaiknya kita segera meninggalkan tempat ini.” Kataku kepada mereka
Kutipan – Pengantar – Pengantar
Contoh:
(1) “Kamu harus belajarlah yang rajin.” Kata Ibu kepadaku,”Agar kamu lulus
ujian.”
(2) “Apakah kalian mendengar bunyi ‘kring-kring’ tadi? tanya ayah kepada
kami,”Sangat menakutkan!”
Kalimat Tak Langsung
Kalimat tak langsung adalah kalimat yang isinya menceritakan ucapan seseorang.
Contoh:
(1) Ibu menanyakan, mengapa aku tidak belajar malam itu.
(2) Ayah berkata kepada orang itu agar sebaiknya dia segera pergi dari sana.
(3) Ayah bertanya kepada temanku, siapa nama temanku
(4) Aku mengatakan agar sebaiknya kita segera meningalkan tempat itu.
(5) Ibu mengatakan bahwa aku harus belajar yang rajin supaya lulus.
(6) Ayah menanyakan apakah kami mendengar bunyi “kring-kring” yang sangat menakutkan.


Kalimat langsung adalah : Kalimat hasil kutipan pembicaaraan seseorang persis seperti apa yang dikatakannya.
Contoh :
Kata Desmon,” Anggel nanti pulangnya saya antar!”
“Anggel Nanti pulangkanya kamu saya antar ya?” kata Desmon.
Kata Desmon disebut kalimat pengiring.
Jikapengiring di belakang perhatikan tanda baca sebelum tanda kutib( Jika kalimat tanya dan perintah sebelum tanda kutib menggunakan tanda ? atau ! jika kalimat berita menggunakan koma. Selain itu Huruf awal di pengiring huruf kecil perhatikan contoh berikut.
1. ” Kapan bukuku kamu kembalikan?“ tanya Samid.
2. ” Belikan saya mobil baru!“ pinta Tria.
3. ” Saya akan datang nanti malam,“ kata Hamid.
Perubahan Kalimat Langsung ke Tak Langsung
Dalam perubahan bentuk ini perhatikan perubahan kata gantinya:
Langsung —>Tak Lansung
Saya —-> Dia
Kamu —–> Saya
Kalian —–> Kami
Kami —–> Mereka
Kita —–> Kami
Ada alternatif lain agar tidak menghafal :
Caranya Posisikan diri anda menjadi orang yang diajak bicara setelah itu informasikan kepada orang ketiga.
Contoh : Kata Dhani,” Coba kamu bantu saya menyelesaikan tugas ini!”
Maka anda menjadi orang yang diajak bicara Dhani,
Setelah itu ada orang lain yg bertanya : Dhani tadi bicara apa?
jawab: Dhani mengatakan supaya saya membatu dia menyelesaikan tugas.
Jawaban anda itulah kalimat tak langsungnya.
Selamat mencoba.
1. Paman mengatakan,” Pulanglah kalian secepatnya karena sebentar lagi hujan turun.”
2. Kata Ketua Rombongan,” Terimakasih atas sambutan kalian kepada kami pada acara kunjungan kami,”
Kalimat Tak Lansung.
Kalimat menyatakan isi ujaran orang ketiga tanpa mengulang kata-katanya secara
Cara merubah Kalimat tak langsung ke Kalimat langsung.
Contoh :
Webby mengatakan bahwa dia akan datang kerumahku nanti sore.
Untuk merubahnya maka anda harus :
1. Menerka kira-kira Webby bicaranya apa saat itu.
2. Ubahlah kembali ke Tak Langsung lagi sebagi cek ulang.
Hasilnya :
Kata Webby,” Saya nanti sore akan kerumahmu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar